https://zakatpedia-production.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/programs/ia5laEvGyZDoQFNqhWcDfLPzWdiYsF6OY5UIGVHS.jpeg
Cukupi Pangan Dhuafa Saat Darurat Corona (Covid-19)
IZI PUSAT
Rp. 22.092.700
Terkumpul dari Rp. 63.612.500
34.7 % terkumpul
42 hari
Bantu Sebarkan via :
Sudah hampir genap dua tahun kita bersama pandemi. Berdasarkan grafik total kasus baru, Indonesia sudah melalui dua gelombang besar yang terinfeksi Covid-19. 
 
 
Tidak hanya kesehatan dan jumlah kematian dampak pandemi ini. Kondisi ekonomi, daya beli masyarakat, dan banyak karyawan yang terpaksa dirumahkan. 
 
 
Bertahan dan berusaha adalah hal yang diutamakan saat ini. Apa daya jika semua kesempatan tertutup bagi keluarga tidak mampu.
 
Saatnya kita ambil peran untuk ikut membantu keluarga tidak mampu menjadi "Keluarga Tangguh". Dengan turut berpartisipasi pada program ini. 
 
Program "Keluarga Tangguh" ini akan diimplementasi kepada keluarga kurang mampu berupa: 
a. Paket Sembako 
b. Paket Medis dan Suplemen
c. Santunan Pengobatan  
d. Kebutuhan Belajar Online. 
 
Saatnya memberi untuk terwujudnya keluarga tangguh, ikuti langkah-langkah dibawah ini. 
1. Isi nominal Donasi
2. Klik tombol hijau “DONASI”
3. Pilih Metode Pembayaran (Transfer antar bank, VA, Gopay, ShopeePay)
4. Transfer ke nomor rekening atau channel payment yang dipilih dan bantu sebarkan melalui media sosial Anda
 
Perjuangan Harianto Cukupi Kebutuhan Keluarga di Tengah Pandemi Covid-19
2020-04-16T14:33:24+07:00
https://zakatpedia-production.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/program-updates/AijZTZvu1Cxr1WuXRlftOHdx6K8Hvr7ZeiEVwFVZ.png

Harianto, kesehariannya bekerja sebagai Guru Lukis Honorer. Bekal kemampuannya dalam skill melukis Harianto harus mencukupi kebutuhan keluarga sehari-harinya.

 

Ayah dua orang anak ini memiliki jiwa seni yang luar biasa khususnya dalam melukis, dua edisi buku sudah diterbitkan untuk digunakan sebagai pedoman belajar para anak-anak di Pendidikan Taman Kanak-kanak.

 

Tapi, upaya mencukupi kebutuhan keluarga harus terhalang dengan munculnya wabah Covid-19. Pekerjaan sehari-hari Harianto harus dihentikan, hasilnya hal tersebut membuat pemasukan untuk kebutuhan keluarga menjadi tidak ada.

 

Guru Lukis Honorer yang merupakan satu-satunya sumber penghasilan, setelah tidak dapat memberikan hasil untuk memenuhi kebutuhan menjadi situasi yang tidak baik untuk keberlangsungan hidup keluarganya. Apalagi tabungan Harianto sudah menipis karena lamanya sumber utama penghasilannya yang tidak dapat diandalkan lagi.

 

"Sudah sebulan ini saya menganggur, tidak punya sumber pemasukan lagi. Awal saya masih bisa mencukupi kebutuhan dengan bekal uang tabungan, tapi sekarang saya sudah kesulitan untuk memenuhi kebutuhan keluarga", Ujar Harianto.

 

Mengetahui laporan tersebut tim izi langsung meluncur ke Kepanjen, Kab.Malang untuk membantu meringankan Harianto dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui program Santunan Terdampak Covid-19 (11/04).

 

Setelah mendapat bantuan Paket Sembako yang disalurkan oleh IZI, Pak.Tri Harianto sekeluarga sangat bersyukur, karena kebutuhan pokok tersebut sangat penting untuk kelangsungan hidup sehari-harinya khususnya dengan masih adanya pandemi virus covid-19. (Arif/relawanizijatim)

Gotong Royong Atasi Covid-19, Mandiri Club Bapekis Masjid An-Nur dan IZI Sulsel Salurkan 50 Paket Sembako
2020-04-16T14:30:00+07:00
https://zakatpedia-production.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/program-updates/2xMpefVv14dWZfwKbKuAHxB6l4EUeRa93RIaC23y.png

Menghadapi keadaan tersebut, Mandiri Club Badan Pengelola Kerohanian Islam (Bapelkis) Masjid An-Nur dan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sulawesi Selatan berinisiatif mengadakan Program Berbagi Paket Sembako untuk masyarakat kurang mampu yang merasakan dampak langsung wabah Covid-19.

 

Program ini diadakan dengan tujuan untuk menjaga ketahanan pangan masyarakat dhuafa di tengah pandemi covid-19 yang melanda Indonesia, khususnya di wilayah Makassar. Pendistribusian bantuan dilakukan pada hari Selasa, 14 April 2020 di wilayah kumuh Kota Makassar yang juga merasakan dampak Covid-19. Titik pembagian sembako berada di Jl. Flamboyan Barat, Kelurahan Mattoanging, Kecamatan Mariso, Kota Makassar.

 

Titik tersebut dipilih berdasarkan data banyaknya warga di sana yang berprofesi sebagai buruh harian lepas, sopir, buruh cuci, tukang bentor dan karyawan yang mengalami PHK akibat wabah Covid-19 ini. Kedatangan Team program Mandiri Club Bapekis Masjid An Nur dan IZI Sulawesi Selatan disambut hangat oleh masyarakat dan pemerintah setempat.

 

Ucapan terimah kasih diberikan kepada Mandiri Club Bapekis Masjid An Nur dan IZI Sulawesi Sleatan yang menyaluran bantuannya kepada seluruh Mustahik yang berada di sekitar rumah mereka. Para warga mengaku merasakan bantuan yang sangat besar dengan adanya pemvagian sembako ini.

 

Daeng Ngintang, Ketua RT setempat mengucapkan terima kasih atas segala bentuk perhatian yang diberikan untuk warganya. “Mewakili seluruh penerima manfaat kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Mandiri Club Bapekis Masjid An-Nur dan IZI Sulawesi Selatanyang menyalurkan bantuannya kepada kami, kami merasa diperhatikan," ujar Daeng Ngintang. (M. Ichsan, Tri Novini/IZI SULSEL)

Gotong Royong Atasi Covid 19, IZI Jabar bagikan sembako untuk keluarga dhuafa
2020-04-07T12:56:23+07:00
https://zakatpedia-production.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/program-updates/JRlB55XbjgVZ7dEEJh0rICETTlIYbG2ch2fEA4kZ.png
Hari demi hari semakin bertambahnya Korban virus Covid-19 ini. Permasalahan yang di hadapi bumi ini memang tidak bisa di pandang sebelah mata. Memang wujudnya tidak nampak namun sangat berbahaya, penyebaran serta penularannya pun sangat cepat. Kita sebagai manusia tentu perlu berhati-hati tidak bisa menyepelekan akan virus covid-19 ini. 

Adanya virus covid-19 secara perlahan sudah melumpuhkan perekonomian terutama masyarakat di kalangan ekonomi menengah ke bawah. Kemudian disarankannya sosial distancing membuat masyarakat kesulitan mencari nafkah, seperti pedagang keliling, tukang ojek yang aktifitasnya mereka harus di luar rumah. Namun tidak semua masyarakat bisa memberlakukan peraturan pemerintah tersebut. Ada beberapa aktifitas masyarakat yang tidak bisa dilakukan di rumah. Pasalnya jika mereka berdiam diri dirumah saja, mereka tidak mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 

IZI Jawa Barat mengadakan pembagian sembako kepada para mustahiq ditengah perjuangan meluasnya wabah covid 19, di kelurahan Kiaracondong Kota Bandung Jawa Barat. Rabu (25/03) IZI membagikan sembako kepada para mustahiq untuk kebutuhan pangan ditengah mewabah nya virus corona. Pembagian sembako ini sebagai tanda kepedulian IZI kepada masyarakat yang harus beraktifitas mencari rezeki. Adapun penerima manfaatnya yaitu pedagang keliling dan tukang ojek online.

Seperti kang Lukman Sodikin seorang driver ojek online yang harus memaksakan diri untuk bekerja di tengah menyebarnya virus covid 19. Dengan adanya wabah ini penghasilan yang di peroleh kang lukman menurun drastis, karena masyarakat sudah tidak melakukan aktifitas di luar rumah. " Sekarang mh penghasilan dari ojek online lagi sepi, karena anjuran pemerintah yang harus berdiam diri dirumah, kantor sekolah sudah pada libur " tutur kang lukman.

Dengan adanya bantuan sembako dari IZI dapat membantu kehidupan kang lukman dan masyarakat lainnya. Kang Lukman pun turut mengucapkan terimakasih atas bantuan yang di perolehnya, dan mendo'akan agara para donatur diberikan kemudahan dan dilancarkan rizkinya. Serta semua ummat terhindar dari segala marabahaya.
Tunanetra dan Dampak Ekonomi Pandemi Covid-19, IZI Jawa Tengah Bantu Ketahanan Pangan Dhuafa
2020-03-31T16:59:25+07:00
https://zakatpedia-production.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/program-updates/omTKolGRMa9yaGdx4aa5RAR4FPiHMjJYHhccBYEs.png
Ibnu Abdillah, seorang tunanetra yang berprofesi sebagai terapis merasakan ada penurunan drastis pelanggan yang mau pijat, karena selain himbauan sosial distancing maupun kekhawatiran pelanggan terhadap penularan virus ini.

Penurunan pendapatan ini dirasakan di hampir semua tunanetra yang berprofesi sebagai terapis yang biasanya bisa tiap hari 5 pelanggan bahkan lebih, tapi akhir akahir ini hanya 1 orang per hari bahkan, ada tuna netra lain 3 hari baru dapat memijat satu pelanggan, tentu kondisi ini berat dirasa tuna netra karena mereka harus terus menafkahi keluarga mereka sekaligus biaya operasional kehidupan sehari hari.

Melihat kondisi masyarakat yang terdampak secara sosial ekonomi, IZI Jawa Tengah mendukung ekonomi dhuafa menghadapi dampak pandemi Covid-19 dengan mengadakan program “Proteksi Keluarga Mustahik, Gotong Royong Dengan Zakat Atasi Corona”.

Program bantuan kepada dhuafa yang terdampak secara ekonomi dengan memberikan masker, uang tunai dan beberapa sembako seperti beras, minyak dan gula pasir.

Kepala Perwakilan IZI Jateng, Djoko Adhi Saputro menjelaskan pentingnya peran serta semua pihak untuk saling gotong royong dan sebagai apresiasi bagi tim medis yang tengah berjuang, “ini tahapan awal yang kami berikan, Insyaallah sudah merencanakan untuk berbagi kepedulian kepada para dhuafa yang terdampak Covid-19 secara tidak langsung,” jelasnya saat bertemu Ibdu Abdillah saat menyalurkan donasi.

Ibnu Abdillah, salahsatu penerima bantuan ketahanan pangan IZI menuturkan ucapan terimaksih atas bantuannya, “terima kasih atas perhatian dan kepedulian IZI kepada kami para tuna netra”, ungkapnya saat diberikan bantuan hari selasa (24/03/2020).

Penerima bantuan yang lain, Rusmini mengungkapkan ucapan terimakasih atas bantuan yang diberikan, “matursuwun mpun dibantu, sedoyo diparingi kesehatan dan rejekine”, ungkapnya.

Semoga IZI dan semua pihak yang mendukung program ini diberikan keselamatan dan keberkahan dari Allah SWT, serta pandemi Covid-19 dan segala keburukan segera diangkat oleh Allah SWT. (Eko Mulyono/IZI Jateng).
Menerjang Zona Merah
2020-03-31T16:53:19+07:00
https://zakatpedia-production.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/program-updates/Gr8mwSLZsTxGbbcScnDv23YPZIyVhUhOXyIubGVC.png

Program ketahanan pangan ini diselenggarakan untuk menghadapi tanggap darurat pandemi virus corona yang menyebar sedemikian cepat di kota Jakarta.


Aksi ini dilakukan agar para dhuafa yang usahanya mengalami imbas kepanikan wabah ini tetap dapat bertahan hidup.

rusniah
Rp. 5.000
Hamba Allah
Rp. 50.000
Jefri hasan nasution
Rp. 500.000
Heri Purwanto
Rp. 25.000
rusniah
Rp. 5.000
Rezawahya
Rp. 10.000
Rezawahya
Rp. 10.000
Anis Sudarwati
Rp. 50.000
I
Rp. 5.000
Rezawahya
Rp. 20.000
rusniah
Rp. 5.000
Rezawahya
Rp. 20.000
Rezawahya
Rp. 10.000
Anis Sudarwati
Rp. 50.000
Rezawahya
Rp. 10.000
Cukupi Pangan Dhuafa Saat Darurat Corona (Covid-19)
IZI PUSAT
Rp. 22.092.700
Terkumpul dari Rp. 63.612.500
34.7 % terkumpul
42 hari
Bantu Sebarkan via :

Zakatpedia

ZakatPedia adalah situs bayar zakat dan penggalangan dana online lainnya, berfungsi memberi kemudahan pembayaran zakat dalam menyalurkan zakatnya, semudah berdonasi melalui situs crowdfunding. Platform bayar zakat dan penggalangan dana online yang mudah dan memudahkan.

Informasi

/static/assets/footer.webp

Social Media

  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
/static/assets/izi_white.webp/static/assets/logo_zakat_white.png
Copyright © 2011-2015 Inisiatif Zakat Indonesia   All Rights Reserved
Lembaga Amil Zakat Nasional SK Menteri Agama RI No. 423 Tahun 2015