Musholla Inisiatif Mudahkan Warga Lombok Beribadah

Terus Memupuk Asa Paska Gempa Lombok

17 Sep 2018 11:46

Pria itu mengenakan topi putih. Sambil membereskan beberapa properti dan menegakkan tenda, ia tak menyadari kehadiran kami.Namanya Jihanuddin.

Read More

"Aslinya saya pendatang dari Lombok Tengah," akunya. Dia juga menambahkan bahwasanya ia dari suku Sasak.

 Kini, Pak Jihanuddin tinggal di dusun Banten Damai. Berprofesi sebagai pengurus Musholla Sayidina, beliau tampak semangat.

Tidak ada raut wajah sedih pada diri pria berusia 60 tahun tersebut.

Ia justru merasa terbiasa dengan kondisi paska gempa. Mungkin dikarenakan pengalaman sebelumnya, Pak Jihanuddin cukup tegar dibandingkan rata-rata warga desa Dangiang.

Menurut relawan IZI, mayoritas warga dusun Banten Damai berstatus miskin. Namun jarang terlihat posko-posko bantuan gempa di daerah tersebut.

Alhamdulillah musholla darurat "Sayidina" sudah naik statusnya sebagai "Musholla Inisiatif". Hal tersebut dikarenakan IZI telah membangun kembali dengan bahan-bahan bangunan yang sesuai agar musholla makin nyaman digunakan.  hingga kini sudah berdiri 2 Musholla Inisiatif (Musholla Al-ikhlas dan Musholla Sayidina) di Desa Dangiang. 

Semoga Allah memudahkan rencana fasilitas sosial ini hingga selesai. Dan memudahkan segala rejeki para muzzaki yang telah Zakat,Infaq maupun shadaqah kepada IZI.

 Mari kita  bergerak bersama untuk membantu saudara-saudara kita yang menjadi korban bencana Lombok. dan semoga Allah berikan keberkahan kepada Para Keluarga Muzaki.

“Subuh, Musholla Inisiatif Izi Saksi Kerinduan Dusun Dangiang Timur”

17 Sep 2018 11:16

Angin Subuh Menyapa Dusun Dangiang Timur, Desa Dangiang, Lombok Utara. Meskipun Cukup Dingin, Tidak Menyurut Jamaah Datang Ke Musholla Inisiatif Sementara Yang Dibangun IZI.

Read More

Setelah adzan berkumandang indah, bergiliran anak-anak melantun syair keutamaan sholat berjamaah melalui pengeras suara. Lantunan tersebut cukup efektif menggugah orang-orang dewasa bahkan anak-anak untuk mendatangi musholla ini. Setelah Iqamah, bersama-sama kami ber-takbiratul ihram.

Selama ini, warga dusun Dangiang Timur beraktivitas ibadah di musholla darurat. Beratapkan terpal; berfondasikan lantai yang rusak akibat gempa. Setelah seminggu pengerjaan, Musholla Inisiatif pun siap digunakan. Lantainya beralaskan marmer; berpenyangga baja ringan; berdindingkan multripek, dan beratapkan spandek. Musholla Inisiatif ini berdiri di atas fondasi lama Musholla Al Ikhlas, Dusun Dangiang Timur, Desa Dangiang, Lombok Utara.

Sholat subuh pada hari ini (15/09) menjadi aktivitas ibadah perdana di musholla yang dibangun dari donasi masyarakat Indonesia. Dan pada hari ini juga, Bapak H. Rohandi, selaku koordinator Posko Korban Bencana Gempa Lombok, menyampaikan kalimat perpisahan.

Beliau telah memulai pengabdiannya pada 15 Agustus lalu. Sebulan sudah Bapak Rohandi mengorganisir relawan di desa Dangiang ini. Kesedihan menguar kala Manager Pembinaan Mustahik itu menyampaikan beberapa patah kata.

Pak Rohandi mengemukakan urgensi subuh sebagai fondasi aktivitas di musholla ini. Ia berharap tempat ibadah ini selalu ramai digunakan.

“Musholla Ini Sudah Lebih Luas Dan Lebih Nyaman, Semoga Jamaah Bisa Betah Beraktivitas Di Sini.” Demikian Beliau Menutup Prakatanya.

Aktivitas Subuh hari ini berakhir dengan saling berjabatan tangan dan berpelukan satu sama lain.

Source : 
https://izi.or.id/subuh-musholla-inisiatif-izi-saksi-kerinduan-dusun-dangiang-timur/

Musholla Inisiatif Mudahkan Warga Lombok Beribadah

14 Sep 2018 03:11

Musholla Inisiatif adalah Mesjid semi permanen untuk warga korban bencana Gempa Lombok. Musholla Inisiatif ialah program sarana ibadah pada Fase Transisi Pemulihan yang merupakan tindak lanjut dari Fase Tanggap Darurat dampak Gempa di Lombok.


Terhitung sudah lebih dari 1 bulan dari Gempa 7 SR yang terjadi 5 Agustus 2018. Gempa pun berdampak besar kepada Infrastuktur sarana ibadah yang  hancur. Terdapat 7 Mesjid dan 14 Musholla di Desa Dangiang Kec. Kayangan Lombok.

Peran masjid/musholla ditengah-tengah warga yang mayoritas muslim menjadi penting agar memudahkan mereka untuk istiqomah beribadah setiap harinya. Aktifitas yang biasa dilakukan oleh warga Desa Dangiang dalam rangka memakmurkan masjid adalah shalat 5 waktu berjamaah, pengajian/ta’lim, TPA untuk anak-anak dan lain-lainnya.
  
Insya Allah Musholla Inisiatif akan didirikan dengan luas bangunan 81 M2. Dengan bahan dasar kayu, triplek dan atap berupa spandek dangan tujuan meminimalisir resiko dampak gempa yang akan timbul kedepannya. Biaya pembangunanya sebesar Rp.35.000.000,-/unit. 

Target pembangunan sebanyak 14 Mesjid Iniatif, dengan titik prioritas pendirian Mesjid Inisiatif akan dilakukan di  Musholla Al-Ikhlas.

Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) sebagai pengagas Musholla Inisiatif menggunakan Zakatpedia sebagai Wadah penerima bantuan secara online. Mengajak Anda turut terlibat dalam mensukseskan seluruh Pembangunan Musholla Inisiatif. Agar kemudahan beribadah warga Desa Dangiang  dapat dilakukan.  

Bantu mereka dapat dilakukan dengan cara :     
1.    Isi nominal donasi
2.    Klik tombol hijau “DONASI SEKARANG”
3.    Pilih Metode Pembayaran
4.    Transfer ke nomor rekening yang muncul dan bantu sebarkan melalui media sosial Anda 

Terima kasih atas segala niat dan bantuannya. Semoga Allah selalu memudahkan hidup kita. Barangsiapa memudahkan hidup orang lain, hidupnya akan dimudahkan oleh Allah SWT.

Infaq Terkumpul
Rp. 70,000,000
4%
Rp. 3,135,000 Terkumpul dari Rp. 70,000,000
0 hari lagi