Cukupi Pangan Dhuafa Saat Darurat Corona (Covid-19)

Tunanetra Dan Dampak Ekonomi Pandemi Covid-19, Izi Jawa Tengah Bantu Ketahanan Pangan Dhuafa

31 Mar 2020 04:59

Social distancing dan Work From Home adalah upaya kita mencegah penyebaran Covid-19. Namun kondisi ini membuat banyak saudara kita dengan ekonomi terbatas mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Read More

Ibnu Abdillah, seorang tunanetra yang berprofesi sebagai terapis merasakan ada penurunan drastis pelanggan yang mau pijat, karena selain himbauan sosial distancing maupun kekhawatiran pelanggan terhadap penularan virus ini.

Penurunan pendapatan ini dirasakan di hampir semua tunanetra yang berprofesi sebagai terapis yang biasanya bisa tiap hari 5 pelanggan bahkan lebih, tapi akhir akahir ini hanya 1 orang per hari bahkan, ada tuna netra lain 3 hari baru dapat memijat satu pelanggan, tentu kondisi ini berat dirasa tuna netra karena mereka harus terus menafkahi keluarga mereka sekaligus biaya operasional kehidupan sehari hari.

Melihat kondisi masyarakat yang terdampak secara sosial ekonomi, IZI Jawa Tengah mendukung ekonomi dhuafa menghadapi dampak pandemi Covid-19 dengan mengadakan program “Proteksi Keluarga Mustahik, Gotong Royong Dengan Zakat Atasi Corona”.

Program bantuan kepada dhuafa yang terdampak secara ekonomi dengan memberikan masker, uang tunai dan beberapa sembako seperti beras, minyak dan gula pasir.

Kepala Perwakilan IZI Jateng, Djoko Adhi Saputro menjelaskan pentingnya peran serta semua pihak untuk saling gotong royong dan sebagai apresiasi bagi tim medis yang tengah berjuang, “ini tahapan awal yang kami berikan, Insyaallah sudah merencanakan untuk berbagi kepedulian kepada para dhuafa yang terdampak Covid-19 secara tidak langsung,” jelasnya saat bertemu Ibdu Abdillah saat menyalurkan donasi.

Ibnu Abdillah, salahsatu penerima bantuan ketahanan pangan IZI menuturkan ucapan terimaksih atas bantuannya, “terima kasih atas perhatian dan kepedulian IZI kepada kami para tuna netra”, ungkapnya saat diberikan bantuan hari selasa (24/03/2020).

Penerima bantuan yang lain, Rusmini mengungkapkan ucapan terimakasih atas bantuan yang diberikan, “matursuwun mpun dibantu, sedoyo diparingi kesehatan dan rejekine”, ungkapnya.

Semoga IZI dan semua pihak yang mendukung program ini diberikan keselamatan dan keberkahan dari Allah SWT, serta pandemi Covid-19 dan segala keburukan segera diangkat oleh Allah SWT. (Eko Mulyono/IZI Jateng).

Menerjang Zona Merah

31 Mar 2020 04:53

Aksi Tim IZI Pusat lakukan program ketahanan pangan untuk masyarat ekonomi rendah. Minggu (22/3/2020).

Read More

Program ketahanan pangan ini diselenggarakan untuk menghadapi tanggap darurat pandemi virus corona yang menyebar sedemikian cepat di kota Jakarta.


Aksi ini dilakukan agar para dhuafa yang usahanya mengalami imbas kepanikan wabah ini tetap dapat bertahan hidup.

Cukupi Pangan Dhuafa Saat Darurat Corona (Covid-19)

20 Mar 2020 11:23


Dampak Kerja dan Belajar dirumah sangat dirasakan oleh Pedagang Kecil dan Asongan. Harapan yang diinginkan mereka ialah dapat terjamin kebutuhan sehari-harinya dan terjaga kebersihan diri.


Pemerintah telah menetapkan wabah COVID-19 di Indonesia sebagai bencana nasional. Untuk DKI Jakarta per tanggal 19 Maret 2020 terjadi 210 kasus positif COVID-19. Penyebarannya pun sudah ke beberapa daerah, antara lain Povinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Kepulauan Riau, dengan total kasus positif COVID-19 di Indonesia 309 kasus.

Dengan kondisi tersebut pemerintah menganjurkan sistem Work From Home yang sudah diterapkan oleh perkantoran. Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah pun terhenti menjadi sIstem online. Semua itu bertujuan meminimalisir potensi penyebaran virus COVID-19.

Perlu kita renungkan, Alhamdulillah kita masih tenang bisa bekerja di rumah, tapi di luar sana banyak keluarga dhuafa kehilangan mata pencahariannya, contonya driver angkutan umum, pedagang kaki lima dan lain sebagainya.

Mereka rentan terkena virus, disamping itu harus berpikir untuk memenuhi kebutuhan pangan dan vitamin keluarganya, lantas bagaimana ketika mereka tidak ada pemasukan?

Bersama LAZNAS Inisiatif Zakat Indonesia, kami mengajak sahabat #gotongroyong untuk penuhi kebutuhan pokok dan proteksi keluarga dhuafa selama masa darurat COVID-19, dengan memberikan Paket Sembako, Handsanitizer, Suplemen dan Vitaman selama masa darurat Corona. 

Cukupi pangan keluarga dhuafa selama masa darurat Corona dengan cara:
1. Isi nominal donasi
2. Klik tombol hijau “SUMBANG SEKARANG”
3. Pilih Metode Pembayaran
4. Transfer ke nomor rekening yang muncul dan bantu sebarkan melalui media sosial Anda
 
Terima kasih atas segala niat dan bantuannya. Semoga Allah SWT selalu memudahkan hidup kita, sebagaimana kita memudahkan hidup orang lain
Rp. 15,000,000
31%
Rp. 4,575,000 28
Terkumpul Hari lagi