Sekolah Inisiatif Untuk Siswa/i Lombok

"terbangun Tiga Ruang Kelas, Siswa Madrasah Memulai Kegiatan Belajar"

17 Sep 2018 06:01

Anak-anak kini berseragam resmi sekolah. Pada hari ini (17/09), Madrasah Hidayatul Muttaqien, dusun Dangiang Timur, desa Dangiang, Lombok Utara, memulai kegiatan belajar-mengajar.

Read More

"Terima kasih sudah berinisiatif membangun madrasah kami," ucap Ibrahim, siswa Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Muttaqien.

Sempat seminggu lamanya Ibrahim dan teman-temannya belajar di bawah tenda darurat yang difasilitasi Inisiatif Zakat Indonesia.Kondisi memprihatinkan ini ditindaklanjuti kembali dengan membangun sekolah inisiatif. Sebanyak tiga lokal dipersiapkan demi mendukung instruksi kementerian agama mengenai aktivitas belajar-mengajar di daerah bencana Lombok.

Berbahan multripek, baja ringan, dan spandek, sekolah inisiatif tersebut dibangun. Namun bangunannya berdiri di tempat tenda darurat sempat ada.

"Tadinya tenda hendak didirikan di halaman," ujar Achmad Junaedi, kepala sekolah Madrasah Hidayatul Muttaqien. "Tapi tidak muat karena adanya reruntuhan. Sehingga siswa-siswa diliburkan."

Idealnya, terbangun 12 lokal untuk menampung siswa mulai dari madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah, hingga madrasah aliyah. Akan tetapi, kondisi paska gempa dan kurangnya relawan sebagai faktor utama ke-9 lokal lainnya belum terbangun.

"Bantuan donatur demi kegiatan belajar-mengajar di madrasah ini sangat diharapkan," lanjut Achmad Junaedi.
Di samping itu, hadir pula Bapak Sirajudin selaku tokoh masyarakat dusun Dangiang Timur, memantau kegiatan belajar-mengajar Madrasah Hidayatul Muttaqien.

"Desa Dangiang berterima kasih kepada IZI, terutama para donatur. Semoga apa yg disumbangsihkan bisa menjadi amal ibadah dan rezeki bagi para donatur bertambah." Tutup beliau.

Design Tampak Depan Sekolah Inisiatif

13 Sep 2018 09:41

Sekolah Inisiatif adalah Sekolah Darurat untuk anak-anak korban bencana Gempa Lombok. Sekolah Inisiatif ialah program pada Fase Transisi Pemulihan yang merupakan tindak lanjut dari Fase Tanggap Darurat dampak Gempa di Lombok

Read More

Sekolah Inisiatif ialah program pada Fase Transisi Pemulihan yang merupakan tindak lanjut dari Fase Tanggap Darurat dampak Gempa di Lombok. Berdiri dengan luas 126 M2 terdapat 3 kelas didalamnya. 

Sekolah Inisiatif Untuk Siswa/i Lombok

13 Sep 2018 09:35

Sekolah Inisiatif adalah Sekolah Darurat untuk anak-anak korban bencana Gempa Lombok.


Sekolah Inisiatif ialah program pada Fase Transisi Pemulihan yang merupakan tindak lanjut dari Fase Tanggap Darurat dampak Gempa di Lombok.

Terhitung sudah lebih dari 1 bulan dari Gempa 7 SR yang terjadi 5 Agustus 2018. Gempa pun berdampak besar kepada infrastruktur dan perlengkapan Pendidikan. Infrastuktur penididkan yang masuk ke dalam golongan hancur dan rusak berat di Desa Dangiang Kec. Kayangan Lombok Utara antara lain : 

1. SekolahTK/Paud: ada 6 rusak berat

2. MI/SD ada 2 rusak berat

3. MTS/SMP ada 1 rusak berat

4. MA/SMA ada 1 rusak berat

Saat proses belajar-mengajar ada yang terhenti dan ada mencoba mengupayakan dengan perlengkapan seadanya seperti menggunakan terpal, dan tenda pleton di lapangan terbuka. 

Sekolah Inisiatif akan didirikan 3 kelas dengan luas bangunan 126 M2. Dengan bahan dasar kayu, triplek dan atap berupa seng dangan tujuan meminimalisir resiko dampak gempa yang akan timbul kedepannya. Biaya pembangunanya sebesar Rp.55.000.000,-/unit. 

Titik Prioritas pendirian Sekolah Inisiatif Smentara ini akan dilakukan di MI Hidayatul Muttaqin dan SDN 1 Dangiang. Target pendirian Sekolah Inisiatif  pada 10 titik di wilayah Desa Dangiang. 

Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) sebagai pengagas Sekolah Inisiatif menggunakan Zakatpedia sebagai Wadah penerima bantuan secara online. Mengajak Anda turut terlibat dalam mensukseskan Pembangunan Sekolah Inisiatif. Agar peyelenggaraan proses belajar - mengajar dapat dilakukan dan para siswa dapat tenang bersekolah setiap harinya. 

Bantu mewujudkan Sekolah Inisiatif dapat dilakukan dengan cara :     

1.    Isi nominal donasi

2.    Klik tombol hijau “DONASI SEKARANG”

3.    Pilih Metode Pembayaran

4.    Transfer ke nomor rekening yang muncul dan bantu sebarkan melalui media sosial Anda 

Terima kasih atas segala niat dan bantuannya. Semoga Allah selalu memudahkan hidup kita. Barangsiapa memudahkan hidup orang lain, hidupnya akan dimudahkan oleh Allah SWT.

 

Infaq Terkumpul
Rp. 110,000,000
1%
Rp. 590,000 Terkumpul dari Rp. 110,000,000
0 hari lagi