Infaq / Sedekah

Infaq / Sedekah

Infak adalah pembelanjaan harta secara umum. Hanya saja dalam Islam infak itu harus didasari oleh iman dan di jalan Allah atau fi sabilillah.


Sesungguhnya orang- orang kafir menginfakkan (menafkahkan) harta mereka untuk menghalangi (orang) dari jalan Allah ...”(Al-Anfal : 36)

Infak adalah pembelanjaan harta secara umum. Hanya saja dalam Islam infak itu harus didasari oleh iman dan di jalan Allah atau fi sabilillah.

Lebih khusus dari infak adalah sedekah. Karena sedekah tidak ada yang di jalan selain jalan Allah, karena sedekah itu motifasinya adalah al-qurbah (mendekatkan diri kepada Allah swt) untuk menunjukkan ash shidqu (kesejatian dan kejujuran) sebagai seorang yang beriman.

Sedekah yang sifatnya umum itu bermuara pada zakat, zakat itu bagian dari sedekah. Sedekah ada yang mafrudhah dan ada yang muqaddarah atau yang ditentukan kadarnya (2,5%, 5%, 10%, atau 20%).

Karenanya terdapat ayat yang disebutkan dalam Al quran tentang sedekah namun maknanya adalah zakat. Seperti dalam surat At Taubah ayat 60:

”Sesungguhnya sedekah (zakat) itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk memerdekakan hamba sahaya (riqab), untuk membebaskan orang yang berhutang (gharimin), fi sabilillah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan (ibnu sabil), sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana."

Dan secara konotatif, kesejatian iman itu akan membawa kepada kesucian jiwa dan kebersihan harta serta pengembangan dari harta itu sendiri dan itu adalah makna daripada zakat.